Cara Mengoptimalkan HP Xiaomi (Kinerja dan RAM)

Ponsel maupun tablet Android seperti diketahui menyediakan berbagai keleluasaan untuk disesuaikan misalnya aplikasi bisa didapat dari berbagai sumber, banyak pilihan launcher, mengganti icon, dan banyak lagi.

Namun itu pun berarti perangkat ini bisa mendapatkan banyak masalah dengan lebih mudah. Hp Xiaomi pun tak luput dari masalah yang menyebabkan kinerja melambat. Cek cara mengoptimalkan kinerja dan Ram HP Xiaomi untuk membuatnya kencang.

Tentu saja pengguna tidak dapat meningkatkan kinerja RAM Hp Xiaomi begitu saja. Melakukan overclock CPU ponsel hanya bisa dilakukan setelah perangkat di-root. Namun pengguna bisa mencoba beberapa hal berikut ini agar kinerja dan RAM HP Xiaomi menjadi optimal :

 

Kelola Aplikasi

 

Relatif berbagai merek ponsel Android termasuk Xiaomi yang menjalankan Android 4.4 dan yang lebih baru datang dengan Task Manager default. Task manager menampilkan seluruh aplikasi latar belakang (menjalankan aplikasi) kemudian memberikan pengguna pilihan untuk menutupnya secara manual untuk mengosongkan memori.

Bilamana aplikasi aktif di background fungsi utamanya adalah akan lebih mempercepat ketika pengguna membukanya. Hanya saja membiarkan terlampau banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membuat kinerja perangkat melambat.

Untuk masuk ke menu Task Manager, cukup ketuk tombol Opsi atau untuk OS Android lebih baru dengan menekan tombol Recent Apps. Pengguna pun bisa mencoba memasang aplikasi Task Manager pihak ketiga misalnya ES Task Manager atau Advanced Task Manager.

Aplikasi lain seperti Greenify juga bisa digunakan dengan cara kerja memposisikan aplikasi dalam kondisi hibernasi dan bukan menutupnya. Kelebihannya yaitu aplikasi tak mengkonsumsi memori namun tetap bisa diluncurkan dengan lebih cepat.

 

Manajemen RAM

 

Prosesor berperan vital dalam kinerja ponsel namun RAM pun sangat penting untuk kinerja secara keseluruhan. Saat ini berbagai seri Hp Xiaomi terbaru datang dengan kapasitas RAM besar mulai dari 4GB hingga 6GB. RAM besar menawarkan proses multi-tasking yang lebih cepat.

Bilamana ponsel Xiaomi mulai melambat ketika meluncurkan aplikasi dan membutuhkan waktu bahkan untuk beralih ke aplikasi dasar, maka kemungkinannya ada beberapa aplikasi yang berjalan di background yang memakan sumber daya RAM. Untuk menyelesaikan gangguan tersebut, pengguna perlu memasang aplikasi Cleaner seperti Clean Master by Cheetah Mobile.

Cara kerja aplikasi ini adalah menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk membebaskan RAM. Beberapa fitur lain termasuk membersihkan sampah, dan juga menghapus file residu (sisa-sisa aplikasi yang sebelumnya dihapus) sehingga ruang kosong di RAM akan meningkat. Pengguna pun bisa mencoba aplikasi lain seperti Zapper Task Killer and Manager.

 

Membersihkan Virus & Malware

 

Karakteristik OS Android yang terbuka mengakibatkan lebih beresiko terhadap ancaman virus dan malware. Secara bawaan, pilihan untuk memasang aplikasi dari sumber pihak ketiga memang dalam kondisi dinonaktifkan, hanya saja sebagian pengguna mengaktifkannya untuk mencoba aplikasi beta atau aplikasi yang tak ada di Play Store.

Aplikasi dari sumber yang tidak dikenal bisa saja membawa virus atau malware yang akan menginfeksi HP Xiaomi dalam beberapa detik saja. Malware bisa menjalankan berbagai hal yang tak diharapkan pengguna  misalnya mengirim pesan ke nomor tertentu tanpa sepengetahuan pengguna, menginstal beberapa aplikasi di perangkat, menayangkan iklan pop up di layar Home, mencuri data kredensial, dan sebagainya.

Itu semua pun memiliki akibat sampingan yaitu memperlambat kinerja HP Xiaomi Anda. Itulah sebabnya kenapa Anda wajib memasang aplikasi anti-virus di perangkat seperti Avast, AVG, Kaspersky, Norton dan Malwarebytes.

 

Mengetahui opsi Permission

 

Untuk versi Android lama, pengguna tak diberikan kendali atas permission atau izin yang diminta aplikasi selama proses instalasi. Pengguna sebatas diberitahu jika aplikasi akan mengakses beberapa fitur di perangkat. Bilamana pengguna hendak menggunakan aplikasi itu maka mereka tak memiliki pilihan selain menerima semua izin tersebut.

Namun kini, kebanyakan ponsel Android telah dilengkapi manajer izin untuk aplikasi yang memungkinkan pengguna secara manual mengatur izin apa yang ingin diberikan ke aplikasi yang akan dipasang.

Contohnya saja Task Manager tentu tidak usah mengakses kontak di ponsel. Aplikasi pengelola file tak butuh mengakses aplikasi kamera atau mikrofon.

HP Xiaomi dengan OS Android terbaru bahkan memungkinkan pengguna menolak izin yang tidak masuk akal. Cukup dengan mengakses menu Pengaturan> Aplikasi> Nama aplikasi> Izin. Pengguna pun bisa mencoba Permission Explorer untuk tugas tersebut.

 

Factory Reset

 

Termasuk pilihan lain Cara Mengoptimalkan Kinerja dan Ram HP Xiaomi adalah memilih Factory Reset. Sekalipun sudah berhati-hati, terkadang HP Xiaomi Anda tetap bermasalah misalnya menunjukkan tanda-tanda hang atau melambat dan tak ada yang bisa dilakukan untuk membenahi error tersebut.

Untuk kondisi tersebut, terbaik yakni memilih Factory Reset. Factory Reset akan menghapus seluruh data dan me-reset perangkat untuk dikembalikan ke pengaturan asli seperti ketika baru. Seluruh ponsel Android terpasang menu untuk menjalankan Factory Reset dengan masuk ke Pengaturan> Cadangkan & Atur Ulang, kemudian pilih Factory Reset.

Langkah ini akan menghapus seluruh data di dalam ponsel termasuk foto, video, kontak dan pesan teks sebelumnya. Karena itu sebaiknya Anda mencadangkan terlebih dulu data-data tadi.

Leave a Comment